Tuesday, December 8, 2020

Monumen Pertempuran Bandung Lautan Api

Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi tanggal 23 Maret 1946. 28122020 Bandung Lautan Api adalah peristiwa dibumi hanguskannya kota Bandung provinsi Jawa Barat pada 23 Maret 1946.

Monumen Bandung Lautan Api Bandung 1001malam Com

20032021 Untuk mengenang kejadian itu maka dibangunlah Monumen Bandung Lautan Api.

Monumen pertempuran bandung lautan api. Monumen setinggi 45 meter ini dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api pada 23 Maret 1946. Monumen ini menjadi pusat perhatian setiap tanggal 23 Maret mengenang peristiwa Bandung Lautan Api. Meski dengan berat hari masyarakat Bandung harus meninggalkan kota yang sudah lama ditinggali.

Yang saat itu memenangkan sayembara merangcang monumen pada thun 1984. Sebelum meninggalkan kota Bandung pejuang-pejuang RI melancarkan serangan umum ke arah kedudukan-kedudukan Sekutu dan membumi hangus kota Bandung bagian selatan. 24032021 Monumen Bandung Lautan Api Hd.

Banyak orang bisa menyanyikan lagu pendek Halo-Halo Bandung. 03052020 Monumen bandung lautan api monumen bandung lautan api merupakan monumen tertinggi di bandung yang dibangun untuk mengenang pertempuran antara pasukan belanda dengan indonesia pada tanggal 25 maret 1946para pejuang indonesia membakar dan menghancurkan bagian selatan bandung sebagai strategi untuk berjuang melawan bangsa. Menurut Kepala UPT Taman Tegalega Bandung Oding Mulyana saat ini kondisi eksisting Taman Tegallega masih aman.

Esoknya Kamis 24032016 dilaksanakan upacara peringatan BLA di lapangan monumen berlambangkan obor dengan api. Lokasinya berada di Jalan BKR Ciateul Kecamatan Regol Kota Bandung. Lagu Halo halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki menjadi lagu perjuangan saat itu.

Dengan memiliki ketinggian 45 meter monumen ini memiliki sisi sebanyak 9 bidang serta dipuncaknya sengaja dibuat bara api yang mengarah ke atas. Monumen ini terletak di Lapangan Tegallega. 07082020 Mengenang Pertempuran di Fokkerweg dan Bandung Lautan Api Jumat 07 Agustus 2020 - 1657 11830k Monumen Fokkerweg di sudut halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama di simpang Jalan Jendral Sudirman Kota Bandung.

Monumen ini dirancang oleh Sunaryo seniman kontemporer sekaligus mantan dosen seni rupa Institut Teknologi Bandung. 24082020 Pertempuran pengosongan dan pembumihangusan kota Bandung dicatat dalam sejarah Indonesia sebagai Bandung Lautan Api. 13082015 Dalam pertempuran tersebut pejuang melakukan serangan ke pos-pos sekutu dan mengundurkan diri sambil membumihanguskan seluruh Bandung utara.

Jika ada sedikit kerusakan kita. Sejarah heroic ini tercatat dalam sejarah Indonesia sebagai peristiwa Bandung Lautan Api BLA. Hal ini terjadi karena mencegah tentara sekutu dan tentara Netherlands Indies Civiele Administration NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam perang Kemerdekaan Indonesia.

12062018 Monumen Bandung lautan api Tanggal 23 Maret 1946 Lokasi Bandung Hasil Tentara Rakyat Indonesia mundur dari Bandung Pihak yang terlibat Indonesia Inggris Komandan Muhammad Toha Brigadir MacDonald Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung provinsi Jawa Barat Indonesia pada 23 Maret 1946. Monumen ini berada di tengah-tengah kota yaitu terletak di kawasan Lapangan Tegallega. Sejarawan mengharapkan perhatian lebih atas peristiwa tersebut.

21082020 Akibat pembakaran tersebut seketika itu Bandung dipenuhi dengan api yang berkobar dan peristiwa tersebut dikenal dengan Bandung Lautan Api. Pertempuran pengosongan dan pembumihangusan kota Bandung menjadi sejarah yang tidak terlupakan. Saat itu ia memenangkan sayembara untuk merancang monumen Bandung Lautan APi pada tahun 1984.

14022014 Serangan Umum TRI di Bandung Monumen Bandung lautan api. Pelaku pembakaran adalah rakyat negara yang baru dibentuk. 17082020 Monumen Bandung Lautan Api merupakan bukti sahih jika Bandung merupakan salah satu daerah yang berkaitan dengan perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Monumen ini menjadi salah satu monumen terkenal di Bandung. Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api dimana terjadi pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha. Pertempuran Bandung Lautan Api Terjadi Karena Pasukan Inggris Dan Nica Memasuki Kota Bandung Pada Tanggal 12 Oktober 1945 Disusul Pasukan Tambahan Pada Tanggal 21 Oktober 1945.

Setelah melaksanakan pawai obor pada Rabu 23032016 dalam rangka memperingati peristiwa Bandung Lautan Api BLA dengan berjalan dari Lapangan Tegallega menuju Balai Kota Bandung. 22032021 Untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api BLA Pemerintah Kota Bandung membangun Monumen Bandung Lautan Api di Teggallega daerah yang sebelumnya dikenal sebagai tempat pacuan kuda. Monumen Bandung Lautan Api dirancang oleh Seniman Kontemporer sekaligus mantan dosen Seni Rupa Institut Teknologi Bandung Sunaryo.

20032021 Monumen Bandung Lautan Api memiliki ketinggian 45 meter dengan sisi sebanyak sembilan bidang. Di puncaknya dibuat bara api berwarna kuning keemasan layaknya api yang menyala. Menghadapi dua intruksi akhirnya TRI di Bandung mematuhi perintah dari Jakarta walaupun dengan berat hati.

Monumen yang dirancang Drs Sunarjo itu mulai dibangun tahun 1982 dengan bentuk tiga bambu runcing dengan kobaran api di bagian puncaknya.

Bandung Lautan Api Momen Bercermin Makna Pengorbanan Its News

Monumen Bandung Lautan Api Wisata Sejarah Di Kota Bandung


0 comments:

Post a Comment

 

Follow us